Yayasan Peduli Tuna Daksa merupakan salah satu devisi dari organisasi sosial Sadhu Vaswani Center Jakarta yang berpusat di India (Sadhu Vaswani Mission Puna India) yang dipimpin oleh Dada JP Vaswani. Beliau adalah guru spiritual yang dikenal melalui buku – buku spiritualnya dan telah diterjemahkan kedalam bahasa indonesia salah satunya adalah Life After Death. Yayasan Peduli Tuna Daksa didirikan dengan tujuan untuk menbantu masyarakat (difabel) sepenuhnya bagi mereka yang kurang mampu dan beruntung agar dapat bersosialisasi dan beraktifitas kembali dalam kehidupan bermasyarakat.

Yayasan Peduli Tuna Daksa Bekerja sama dengan Jipur Foot India dalam penyelenggaraan pemasangan prostesa (kaki atau tangan palsu) serta brace untuk penderita polio bagi mereka yang tidak mampu. Hal ini diwujudkan kerena kepeduliannya terhaadap orang penyandang cacat secara fisik disebabkan oleh kecelakaan, infeksi, diabetes, tumor, dan lain-lain. Hingga sekarang Yayasan Peduli Tuna Daksa telah memberikan sebanyak 13.067 prostesa (kaki dan tangan palsu kepada difabel yang kurang mampu yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada bulan desember 2009 Yayasan Peduli Tuna Daksa mendapatkan dua penghargaan sekaligus dari Museum Rekor Dunia Indonesia di Semarang. Penghargaan tersebut diberikan kepada Yayasan Peduli Tuna Daksa atas pencapaian produksi pembuatan kaki palsu terbanyak dan sebagai pemrakarsa jalan sehat peserta tuna daksa pemakai kaki palsu terbanyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *